Posted by : Aprilizar H Sunday, November 9, 2014

Mungkin secara sepintas memang terlihat sama antara Bilangan, angka dan nomor, tapi apakah kalian tau sebenarnya diantara ketiga kata di atas tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan? disini saya akan menjelaskan perbedaan antara Bilangan, angka, dan nomor. tulisan ini saya tulis setelah terinspirasi dari Thread Kaskus yang satu ini.


1. Bilangan.

Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran. Simbol ataupun lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilangan. Dalam matematika, konsep bilangan selama bertahun-tahun lamanya telah diperluas untuk meliputi bilangan nol, bilangan negatif,bilangan rasional, bilangan irasional, dan bilangan kompleks (Wikipedia).



Bilangan adalah suatu ide yang bersifat abstrak yang akan memberikan keterangan mengenai banyaknya suatu kumpulan benda. Untuk membedakan bilangan satu dengan bilangan lainnya diperlukan nama, sehingga bilangan memberikan keterangan tentang banyaknya suatu anggota himpunan.

Bilangan juga banyak macamnya lho, perhatikan gambar dibawah:



2. Angka.

angka adalah lambang dari bilangan itu sendiri. sebagai contoh bilangan sepuluh dilambangkan 'X' dalam angka Romawi, dan dilambangkan '10' dalam angka biasa. Arti kata ‘angka’ lebih mendekati arti kata ‘digit’ dalam bahasa Inggris. Nampaknya belum ada kata dalam bahasa Indonesia yang merupakan terjemahan secara tepat dari ‘digit’. Dalam hal ini, sebuah atau beberapa angka lebih berperan sebagai lambang tertulis atau terketik dari sebuah bilangan. Sesuai dengan arti kata ‘digit’, lebih baik pengertian angka dibakukan dengan batasan agar hanya ada sepuluh angka yang berbeda, yaitu 0, 1, 2 …, 9.

3. Nomor.

Nomor biasanya menunjuk pada satu atau lebih angka yang melambangkan sebuah bilangan bulat dalam suatu barisan bilangan-bilangan bulat yang berurutan. Misalnya kata nomor 3 menunjuk salah satu posisi urutan dalam barisan bilangan-bilangan 1, 2, 3, 4, 5, dst. Kata nomor sangat erat terkait dengan pengertian urutan.

Sekiranya begitulah kira-kira perbedaan antara angka dan bilangan yang saya ketahui, kata-kata diatas saya dapat setelah menggabungkan beberapa kata dari berbagai penjuru dunia maya dengan ditambah sedikit kata dari saya sendiri, mungkin akan ada update untuk selanjutnya, di tunggu aja ya guys :D

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Campur - Campur - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -